Steganografi-pesan tersembunyi

Sesuai dengan tulisan saya sebelumnya, sekarang saya akan menjelaskan pesan rahasia sederhana yang tersimpan pada puisi take time. Pesannya sendiri ada didalam baris kalimat puisi itu sendiri. Jika ada yang teliti memperhatikan, pesannya adalah KEBON BIBIT – nama jalan di seputaran ITB – Gd Anex – tempat saya berkuliah sekarang.

Ya seperti tujuan dari steganografi –> menyembunyikan suatu pesan rahasia pada suatu media lain, sehingga seakan-akan tidak ada apa-apa pada media yang disisipkan pesan tersebut.
Steganografi yang saya lakukan menggunakan teknik steganografi yang masih tergolong sederhana.
Jika diperhatikan lebih teliti, terdapat perubahan jenis huruf pada beberapa kalimat puisi tersebut. Default tulisan yang saya gunakan menggunakan jenis font – monotype corsiva – italic – 120 pt. Untuk beberapa huruf, jenis fontnya diganti menjadi jenis Goudy Old Style – italic – 120 pt.

Perhatikan perbedaan huruf B pada kata because berikut :
because (huruf b dengan jenis Goud old Style) – because (huruf b dengan jenis monotype corsiva), begitu juga dengan huruf – huruf lainnya yaitu :

Take
Time
Source
Fountain
It‘s

Jika semua huruf-huruf yang berbeda tersebut disatukan, terdapat dua kata yaitu KEBON BIBIT.

Steganografi bisa diterapkan pada media digital – image, audio, video dengan teknik/algoritma yang berbeda-beda, bisa pada domain spatial ataupun domain frekuensinya. Untuk pembahasan lebih lengkap ttg steganografi ya dapat dicari di google..wiki..banyaklah…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s