Are you an engineer ????

Berawal dari pertanyaan ” jadi apa arti sebenarnya  engineering ???  jangan cuma bilang teknik atau  rekayasa  saja .. itu terjemahannya”.

pertanyaan kedua ” apa ciri penting dari engineering ?? ” –

Pertanyaan selanjutnya ” apa langkah-langkah yang dilakukan  seorang engineer dalam menyelesaikan suatu masalah , dengan kata lain  engineer itu harus bagaimana? “

“Jangan diam …. sebagian kalian backgroundnya kan  dulu juga teknik, sudah mau thesis juga, masa tidak tau jawabannya,  saya coret nanti thesis kalian ” .

*kalau punya saya gak ada yg bisa dicoret Pak, toh belum ngumpulin juga …batinku*

Diberi pertanyaan mendasar seperti itu … aku jadi berfikir ulang … iya juga ya .. sudah terbiasa mendengar kata itu tapi kenapa saat ditanya tidak bisa menjawabnya, mendadak jadi lemot ? I have no idea to answer his questions

Tidak mendapat tanggapan yang memuaskan dari mhs nya, Beliau menjawab sendiri pertanyaannya :

Engineering = solve the problem, so an engineer is a problem solver, part of  a  solution !!

“Dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan pola engineering .. hal penting pertama adalah identifikasi. Identifikasi masalahnya, identifikasi teknologi nya, sehingga dapat ditentukan teknologi yang tepat digunakan untuk menyelesaikan masalah tsb.  Hasil identifikasi tsb bisa berupa  requirement. Kemudian dilanjutkan dengan analisis, perencanaan, design, implementasi. Proses ini juga berlaku untuk di keseharian, bersifat general.”

Benar juga (pikirku saat itu),   ini tidak hanya berlaku di engineering saja., tapi bisa juga dikeseharian kita. Saat dihadapkan pada suatu hal/masalah , (apapun itu jenisnya),  dan ingin dicari solusi terbaik dari permasalahan tsb, prosesnya dapat dimulai dari mengidentifikasi permasalahan itu , sampai jelas “duduk” masalahnya apa, kemudian dianalisis, dicari solusi yang tepatnya seperti apa – dirancang agar hasilnya baik, dan terakhir … diterapkan. (Menurutku ini bagian dari proses “usaha” manusia, hasil akhirnya, biar Allah menilai sesuai usaha yang sudah dikeluarkan). Kalau engineer disebut sbg orang yang “ahli merekayasa” dlm konteks negatif…. waaah gak perlu sekolah sampai bertahun-tahun untuk itu. Cukup ambil short course training dari pakarnya, berguru beberapa bulan … seperti nya udah bisa “merekayasa” sesuatu.

So.. are you an engineer , really ??,  especially, become an engineer for your life ?? (bagiku, aku perlu bertapa dulu untuk menjawabnya)

Maaf jika ada yang kurang berkenan dalam tulisan ini

ooOoo

* seru juga kuliah pada hari itu, dengan seorang  dosen teknik yang sering berfilosofi- aku menyebutnya kuliah filsafat teknik . Biasanya mataku sudah berkaca-kaca (saking “terharunya” mendengar kuliah si Bapak ) setelah lewat 1 jam pertama kuliah , tapi kemaren, aku berhasil bertahan sampai akhir , antusias mendengarkan apa yang disampaikannya…suatu  prestasi bagiku *

7 thoughts on “Are you an engineer ????

  1. Ada diktum “engine of creation” (dari judul album). Engineering mungkin berasal dari kata engine, mesin. Dalam filsafat teknologi, techne (teknik, engineering, craftmanship) tidak sebatas teknik atau problem solving, tapi juga tentang penciptaan (creation).

    “So.. are you an engineer , really ??, especially, become an engineer for your life ?? (bagiku, aku perlu bertapa dulu untuk menjawabnya)”

    Untuk mendaku engineer secara konseptual memang tidak mudah.

  2. Menarik mba Ipit..Feddy dapet link page ini dari seorang teman (sunarno). setelah dibaca ternyata memperluas wawasan tentang arti satu kata trsb..

    Trimakasih Informasinya ya mba..🙂

    • ya, sama-sama Fed, makasih juga udah berkunjung🙂 Oh sekelas dg Narno toh ternyata🙂
      itu cerita pas kebetulan sedang kuliah dan rada2 nampol dikepala + sedikit nohok juga pas dosennya nanyain itu🙂

      • Dosen di ‘sana’ merangkap jadi dosen filsafat ya Mba? hehehe..Kiding
        kayaknya menarik tuh..Kuliahnya menyenangkan..
        Temen Feddy juga ada yang disana mba. pola fikirnya dan cara mereka menyelesaikan masalah kadang berbeda dan bisa dibilang lebih baik. Mungkin juga sedikit banyak dipengaruhi oleh cara mereka menerima materi kuliahnya…
        Kayaknya bisa dijadikan contoh dan bisa diterapkan untuk Poltek Mba. Siapa tau,mahasiswa di sini bisa lebih maju lagi..
        Hehehe..Iya mba,dari D3 ampe sekarang ekstensi bareng sama narno mba..
        Share lagi kalo ada kuliah ‘menarik’ kayak gini ya mba..😀

  3. Yup… setuju sama bro Feddy.
    Menarik, sekaligus jadi pengen menjadi the real engineer.🙂, sudah beberapa kali saya membaca tulisan ini.

    Maap mb ipit, link nya saya kasih ke beberapa temen, niat nya tidak lain hanya untuk berbagi. Biar menjadi inspirasi terutama buat anak – anak teknik.

  4. Iya No gpp🙂, toh tujuannya ditulis memang untuk berbagi kog🙂

    , sama, ini juga sedang terus belajar menerapkan pola2 engineer , tidak hanya untuk kuliahan, ngerjain tugas, tapi juga dalam keseharian🙂

    @ Feddy : Siiiplah, kalau ada yang bisa dibagi insyaallah dishare kog🙂. Sebenarnya kuliah dimanapun itu, tetap tergantung mahasiswa sendiri, seberapa kuat usahanya untuk melatih daya pikir, logika, daya nalar, dan daya2 lainnya , dan mhs ITT juga gak kalah kog kalau dibandingin univ yang lain🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s