DieT

 

  • Kemaren, pas ngajakin  teman untuk  makan bareng- orangnya nolak dengan alasan lagi DIET.
  • Beberapa hari sebelumnya, nawarin makanan ke orang- orang nya juga nolak karena bilang lagi DIYET
  • Hari ini, dikasi makanan oleh orang karena orang tersebut gak mau makan dengan alasan lagi DIET juga.
  • Pas kumpul2 dengan teman2 , yang diomongin tentang berat badan, dan ujung2nya yang dibahas juga tentang  DIET

Jadi mikir sendiri, “hey….pertanda apa ini ??? , kenapa aku jadi sering mendengar kata2  itu dari  orang2 disekitar ku ? , atau ini kata2 yang lagi nge-trend skrg ???😀

berfikir positif : mungkin mereka sangat care dengan kesehatannya😀

Kalau dibaca di kamus bahasa Indonesia, diet itu artinya = aturan makanan khusus untuk kesehatan dsb (biasanya atas petunjuk dokter). Kalau Mbah Wikipedia tulis, diet = mengatur asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh seseorang.

dan Prinsip sederhana yang berlaku : jika

  • Jumlah kalori yang masuk > kalori yang keluar : sisa akan disimpan oleh tubuh –> lama2 penumpukannya bisa jadi banyak –> GEMUK
  • sebaliknya : jumlah kalori yang masuk < kalori yang keluar : tubuh akan menggunakan cadangan untuk menutupi kekurangannya –> jika sering berkurang terus lama2 ya jadi SINGSET (gak enak pake kata k***s🙂, khawatir ada yang jadi tersinggung ” :D)

dan pastinya kebutuhan kalori untuk setiap orang itu berbeda2, ada banyak faktor yang mempengaruhinya. Jenis kegiatan yang dilakukan pun mempengaruhi kalori yang dibutuhkan. Berbeda kalori antara kegiatan fisik dengan kegiatan mikir, duduk, atau tidur  … Jadi hitung dan atur  kalori yang masuk dengan yang keluarnya🙂.

Idealnya diet dilakukan dibawah pengawasan orang yang benar2 mengerti ttg itu,  spt dokter atau ahli gizi, tapi kalau gak … ya berarti atur2 sendiri aja lah dengan baik , entah itu berpedoman dg suatu metode diet, baca buku2 ttg itu atau referensi lainnya.

Bagi yang sedang melakukan program diet, selamat berdiet, semoga dietnya berhasil . Aku dengan tangan terbuka  dan senang hati menerima limpahan makanan jika memang makanan tersebut dianggap godaan yang bisa mengacaukan program dietnya😀.  Semoga dietnya benar, tidak sembarangan, karena kalau dilakukan secara sembarangan, bukan sehat yang di dapat, malah sebaliknya : bisa2 badan jadi lemes, hilang konsentrasi (karena konsentrasi utamanya ke makanan🙂 , kekurangan nutrisi2 yang diperlukan oleh tubuh atau malah menderita sakit maag (riweuhnya … )😀. Kalau untuk orang yang sedang berdiet spt ini, saya sarankan tidak perlu dilanjutkan dietnya, banyak2 saja melakukan aktivitas fisik, berolahraga,  naik tangga- gak pake lift, sepertinya jauh lebih ampuh untuk memperbanyak pengeluaran kalori yang berlebih itu🙂

Ajaran agama : makan secukupnya, berhenti sebelum kenyang, perut diisi 1/3 oleh makanan, 1/3 oleh air dan 1/3 nya lagi dengan udara. Sepertinya jika itu diterapkan, cukup efektif dan efisien untuk mengatur jumlah makanan yang masuk dan meminimalisir kelebihan yang tersimpan di tubuh.

Syukurnya, untuk saat ini, aku tidak terlalu memusingkan kata itu. (pas nulis ini juga sambil negemil coklat chunky bar – tengah malam pula😀, padahal  sebelumnya juga udah makan nasi+ fried chicken).  Bisa makan sepuasnya itu suatu karunia yang tak terhingga 🙂.  Bagaimana kalau suatu saat aku juga harus nerapin kata2 itu ke diriku sendiri nantinya ??? – semoga tidak- 😀

 

 

 

2 thoughts on “DieT

  1. wew… ngomong2 tentang diet, aku jadi inget tadi pagi angka timbangan kembali menunjuk ke 70, padahal kemaren2 udah seneng karena sempat nangkring di 68 T.T mungkin karena kebanyakan ngemil malem2 sambil kentjan sama si neng :p

    satu lagi, ada satu jenis makan yg gak bakalan bikin gemuk pit, malah bikin kurus, yaitu “makan ati”. Ini bisa jadi salah satu pilihan bagi yg udah mencoba berbagai metode diet tapi gagal, tapi sangat2 NOT recommended, hahahaha…😀

    • setauku itu namanya “efek yoyo” –> berat badan berubah2 dalam waktu yang gak terlalu lama🙂.

      Sering2 ajak si Sabariah jalan2 jg kalo gitu why … biar dia jg gak cemburu , merasa perhatian lebih banyak ke si eneng terus..😀

      Kalau makan ati sapi atau ati ayam, itu bagus, direkomendasikan, tapi makan ati sendiri ya jangan, not recommended emang😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s