Direct Memory Access

Fitur pada komputer yang mengadopsi sifat suka menolong๐Ÿ™‚ membantu “memperingan “kerja processor .

Kerja DMA terkait dengan : DMA controller, Processor,ย  Memory, I/ODevice

Prinsip sederhanya :

DMA controller mengambil alih kerja processor dalam memproses instruksi yang masuk melalui I/O device. Processor cukup mendapatkan laporan saja bahwa akan ada tugas yang dihandle oleh DMA controller, dan setelah beres, tinggal nunggu laporan ” tugas beres” .ย  (Enaknya jadi processor๐Ÿ˜€ ).

Proses kerjanya :

  1. I/O Device terhubung dengan DMA controller memberikan instruksi yang harus di proses
  2. DMA controller mengirimkan pemberitahuan ke processor akan ada proses yang dihandle oleh DMA controller
  3. Processor menginformasikan ke memory bahwa DMA akan mengakses memory untuk pemrosesan suatu instruksi
  4. DMA Controller terhubung dengan memory dan akses alamat, data yang diperlukan
  5. DMA controller mengirimkan hasil proses kembali ke I/O device
  6. Jika proses selesai, DMA controller kembali melaporkan ke processor bahwa proses telah beres dilakukan.

 

Berusaha menyederhanakan materi DMA ke bahasa yang lebih membumi, jadi itung-itung latihan sebelum disampaikan di depan kelas, coba ditulis dulu (ngetes diri sendiri ceritanya) . Parameter penilaiannya : kalau nulisnya lancar, berarti lulus, siap ngajar – kalau nulisnya tersendat-sendat, artinya harus banyak baca lagi …

ok…mari bertemu dengan mhs skrg …๐Ÿ™‚

 

3 thoughts on “Direct Memory Access

  1. sekedar masukan Pit, penjelasan step 1-6 sudah cukup jelas dan mudah dipahami, tapi sepertinya antara gambar dan step2 yang dijelaskan korelasinya kurang kuat. Sepertinya gambar itu menjelaskan bedanya DMA dengan PIO kan ya? (cmiiw, nanya dulu ama yg ahli, takut dikira sotoy)
    Kalo memang benar demikian adanya, mungkin postingnya perlu ditambahkan dengan penjelasan perbedaan antara DMA dengan PIO, sambil menunjukkan gambar, atau bisa juga dicarikan gambar yang representatif untuk step 1-6, atau dua-duanya sekalian, he3.

    -komen ini ditulis setelah berusaha membaca posting ini dengan “kacamata” mahasiswa kita-

  2. ooo… Reza memang cerdas, jadi sekali baca aja bisa langsung ngerti ๐Ÿ˜€

    @ Why : sip..sip.. terimakasih untuk masukannya.

    Gambar itu juga bisa dipake untuk ngejelasin ttg urutan langkah 1-6 nya๐Ÿ˜€ sekaligus menjelaskan bedanya urutan proses antara menggunakan DMA dan tanpa DMA. Kalau PIO – 1 = Programmed I/O proses 1, PIO-2 = Programmed I/O proses 2 dst tadi pas di kelas udah langsung disampein ke mhs nya, tinggal di tes aja pas kuis minggu depan mereka masih ingat atau gak ๐Ÿ˜€ (*dan mhs nya pun bilang “apa???? kuis lagi Bu ??? :()

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s