Information Technology Infrastructure Library v 3.0 (part 1)

Merupakan best practice berisi pedoman bagaimana mengelola IT di suatu organisasi (bisa bersifat profit/non profit- dengan skala kecil, menengah atau besar pun bisa menerapkan ini). Dikeluarkan oleh OGC  (Office  Governance Commerce) – Inggris di bulan Juni 2007. Pembahasan proses pada ITIL v 3.0 melengkapi versi sebelumnya ( ITIL versi 2.0) .

Lima publikasi yang terdapat pada ITIL v 3.0 : Service Strategy, Service Design, Service Transition, Service Operation, dan Continual Service Improvement. Pada  masing2 publikasi terdapat pembahasan yang berbeda

  • Service Strategy : mengatur penyusunan rencana penerapan service IT. Pertanyaan penting yang jadi inti pembahasan pada bagian ini  “ Jika anda seorang IT Manager dan diminta untuk melakukan  pengembangan IT service  , apa yang akan anda  lakukan ???
  • Service Design menterjemahkan hasil perencanaan dalam suatu design sistem, design arsitektur, design infrastruktur yang akan digunakan, design service yang akan dikembangkan. Intinya membuat blueprint .
  • Service Transition : mengatur transisi, perubahan dari design menuju implementasi nya.
  • Service Operation : mengatur “day by day” pelaksanaan service itu sendiri.
  • Continual service Improvement : bagaimana mengevaluasi dan melakukan improvement terhadap proses yang telah dilakukan .

pengaturan yang sangat lengkap menurutku😀.  Tujuan akhirnya adalah bagaimana agar tujuan bisnis SELARAS dengan  teknologi yang digunakan, dan ujung2 nya adalah agar  EFEKTIF dan EFISIEN.  Sangat menarik dipelajari karena pembahasannya berisi kasus2 real seputar masalah IT  (makanya disebut best practice)🙂

Sepertinya itu bisa jadi  salah satu modal untuk bisa mengatur  suatu unit IT .   Jika  bisa khatam bacanya semuanya , memahaminya  dengan baik ke lima publikasi  itu, SELAMAT .. karena ada banyak pelajaran yang sangat bermanfaat dari sana. Tidak hanya ilmu untuk mengatur service IT saja, tapi knowledge itu jika ditarik ke kehidupan sehari-hari, juga ada banyak yang bisa diterapkan (knowledge bisa diubah menjadi wisdom)

Tapi sangat disayangkan kenapa alignment tulisannya gak pake justify (rata kiri-kanan).  Semua tulisan di publikasinya  menggunakan align left :(  (* gak penting kata si OGC – tapi sangat penting bagi orang2 yang harus membaca dan memahami kalimat per kalimat nya –seperti saya misalnya … Tapi gpp lah… karena DEMI, lama kelamaan jadi dinikmati juga baca nya🙂

Berikut salah satu quote yang saya suka – dikutip dari bagian Continual Service Improvement :

you cannot manage what you  cannot control

You cannot control what you cannot measure

You cannot measure what you cannot define

 


* sekarang lanjuuuuutttttt…. baca-baca …. pikir-pikir … tulis-tulis ..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s