Salam Mahasiswa !!!

Siang tadi, sayup-sayup dari lantai dasar (kampus ku)  terdengar lagu yang dinyanyikan oleh beberapa mahasiswa  (sepertinya akan ada kegiatan pemilihan presma) :

Kepada para mahasiswa  yang merindukan kejayaan
Kepada rakyat yang kebingungan  di persimpangan jalan

Kepada pewaris peradaban yang telah menggoreskan
Sebuah catatan kebanggaan di lembar sejarah manusia

Wahai kalian yang rindu kemenangan
Wahai kalian yang turun ke jalan
Demi mempersembahkan jiwa dan raga
Untuk negeri tercinta

– totalitas perjuangan-

Lirik lagu itu men-trigger pikiranku untuk mengenang kembali ke tahun 1998:

Dari layar TV, terlihat mahasiswa melakukan demonstrasi besar-besaran dengan satu tujuan : menurunkan rezim yang sedang berkuasa saat itu karena dinilai “tidak sehat lagi”. Berhari-hari, walau harus panas-panasan, dihadang polisi – ada gas air mata. Dan sejarah pun terukir … rezim itu turun …

seorang anak kelas 2 SMP berdecak kagum didepan layar TV itu.  Dipikirannya saat itu ada kekaguman ” Salut untuk mereka, jika ini memang benar dilakukan sebagai suatu perjuangan yang murni, tanpa ada kepentingan lain2, selain ingin negara ini baik,  aku juga pengen kalau suatu saat jadi mahasiswa seperti itu. Pengen punya prinsip ” Jika ini memang benar, aku mau  memperjuangkannya, tanpa harus ditumpangi dengan kepentingan-kepentingan lain ” .

Lalu pikiranku berjalan terus ke sekitar tahun 2003-2004, ke dialog  yang terjadi di depan gedung Student Center

“Mas, kenapa kepalanya ??, kog ada perbannya, gede lagi?? ” kena pukulan polisi ya tadi??? ”

Iya,  jawab si mas dengan entengnya – seperti tidak ada masalah apa-apa di kepalanya ..

“coba tidak rusuh … tidak anarkis .. pasti tertib”  .. pikirku saat itu…

dan teringat kembali  dialog, perkataan yang sering kudengar saat di ruangan sekre (singkatan dari sekretariat) nya sendiri :

Jadi mahasiswa itu care dengan lingkungan sekitar kita …. jangan diri sendiri aja … kita gak tinggal di hutan loh ini .

Besok ada coffee morning BEM dengan orang-orang di ged Dewa .. ikut ya …kita tanyakan tentang kebijakan2 nya

Tolong bikin advokasi untuk mahasiswa yang mau di DO .. bantu dengan kegiatan responsi .. ini salah satu bentuk bantuan kita untuk mereka. Tapi ingat, kita hanya bantu mhs yang masih mau berjuang untuk dirinya , kalau gak, ya kita gak perlu bantu orang yang gak mau bantu dirinya sendiri ..

Kita tidak memposisikan diri sebagai musuhnya orang-orang gedung Dewa. tapi kita juga tidak begitu saja menerima kebijakan-kebijakan yang tanpa penjelasan. Kita membantu menjembatani antara mahasiwa dan institusi. Jika rektorat layak di dukung, kita akan support, tapi jika tidak, kita yang pertama akan mengkritisi.

Masa-masa yang mengajarkanku banyak hal. Jadi tau apa itu idealisme, apa itu prinsip. Apa yang harus tetap dipertahankan, dan mana yang bisa ditarik – ulur dengan mempertimbangkan banyak hal, mengajarkan cara mengkritisi yang tepat itu seperti apa, bagaimana cara berdialog dan mempertahankan pendapat dengan tepat, dan masih banyak pelajaran berorganisasi lainnya. (kalau itu di sks-kan, pasti banyak jumlahnya🙂 )

Terimakasih untuk Mas Rama ( Presma th 2003 + Wapresmanya – Mas Adrian , Mas Bayu – Mentri urusan Kemahasiswaan dimana aku adalah staf nya🙂, dan semua pengurus BEM saat itu) Banyak pelajaran yang kuperoleh selama kebersamaan kita.  Salam Mahasiswa !!!

dan tanpa sadar – bibirku pun ikut bergumam, mengikuti pelan-pelan syair lagu yang terdengar dari lantai dasar itu sampai selesai … ternyata ada beberapa bait yang aku sudah lupa ..😦

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s