Steganografi

Jaman dulu, saat orang ingin mengirimkan pesan rahasia, ada banyak cara yang dilakukan misalnya :

Panglima perang Romawi menggunduli rambut salah satu tentaranya yang akan diutus  untuk mengirimkan pesan rahasia. Kulit kepalanya digunduli, di tato /ditandai dengan pesan2 yang akan disampaikan, kemudian rambutnya dibiarkan tumbuh, setelah tertutupi, baru tentara itu akan dikirim, dan setelah sampai ditempat tujuan, dia harus siap kepalanya digunduli lagi … (lumayan besar pengorbanannya🙂 )

Cara lain dengan menuliskan sesuatu di lapisan kertas tertentu, dan ditutupi lagi dengan lapisan berikutnya. Catatan-catatan itu baru bisa akan terbaca misal dibawahnya disinari cahaya api  atau dibasahi air. Beberapa film yang pernah kutonton pernah ada hal seperti ini. (tapi maaf, sudah lupa judulnya🙂 )

Secara sederhananya steganografi mempelajari bagaimana cara menyembunyikan data pada media lain sehingga keberadaan data tersebut tidak terdeteksi. Beda dengan kriptografi : pengacakan data sehingga orang sulit untuk mengetahui  informasi yang ada didalamnya. Watermarking masih  masuk dalam steganografi, tapi penggunaannya  lebih ke penanda kepemilikan, hak cipta sesuatu . Contoh stegongrafi [yang sederhana] seperti disini. Kriteria hasil steganografi itu dikatakan baik jika : hasilnya tidak ada perubahan yang mencolok, data yang disisipan bisa diambil kembali (stego image),  dan data tersebut tidak rusak  jika dilakukan pengolahan terhadap media yang ditumpanginya (cover image)

Untuk steganografi digital, media yang digunakan tentunya media digital juga. Gambar dalam berbagai format : JPEG,BMP dll, video, atau audio – semuanya bisa disisipkan file lain. Cara penyisipannya juga ada banyak , bisa di domain spatial : LSB, maskingf-iltering ataupun frekuensi : Discrete Wavelet Transform  dan lainnya. Semuanya masuk ke domain kemanan data.

TA ku dulu membuat aplikasi steganografi dengan metode masking filtering – ini termasuk pada domain spatial. Menyisipkan suatu gambar pada gambar lain. Hasil penyisipannya cukup bagus, tapi saat dibongkar – pesannya sedikit rusak tapi masih bisa dibaca.

Dua orang mahasiswa dengan topik yang sama pernah ku bimbing (masih sebagai pembimbing 2 tentunya🙂 ). Judul PA mereka : Audio steganography dengan LSB dan Identifikasi Keaslian Transkrip Nilai dengan  Watermarking (DWT). Ya hitung2 mengingat2 teori yang pernah kupelajari dulu, sambil ngembangin pengetahuan pas ngebimbing PA mereka🙂 . Senang dan puas rasanya kalau melihat mereka saat sidang bisa menjawab semua pertanyaan penguji dengan baik untuk topik itu. Gak apa-apa kalau aku dibilang pembimbing banyak maunya, banyak mintanya🙂

Saat ini, selain steganografi, tertarik juga ingin mendalami  : kriptografi dan cloud computing. Semoga dalam waktu dekat bisa terwujud. Penasaran bisa bikin kriptografi dengan metode tertentu yang key nya susah dibaca. Dulu iseng pernah bikin, tapi sepertinya masih kegampangan sehingga bisa diketahui🙂. Cloud computing sekarang2 ini sudah mulai rame dibahas dan sepertinya menarik, jadi sekalian aku ikutan meramaikan jumlah orang2 yang tertarik mempelajarinya…😀

3 thoughts on “Steganografi

  1. salam kenal mas, saya mahasiswa tingkat akhir. saya tertarik dengan metode masking and filtering. saya mau nanya, apakah metode masking and filtering bisa diterapkan untuk watermarking ???

    • he3 .. saya Mba 😀 ….

      dulu TA saya bikin steganografi dengan metode masking+ Filtering. Untuk watermarking, saya memang belum baca referensi2 untuk itu, maklum udah lama juga … udah lupa😀, sok dibaca2 lagi ya Dek .. Semoga sukses dan lancar kelulusannya😀

  2. oh maaf ya kk🙂
    wah kebetulan banget ne. bisa sharing ilmu masking dan filtering nya kk ?? ada gak jurnal atau penelitian tentang metode masking and filtering kk?? pembimbing saya inginnya referensi lebih dari 5. sedangkan yang saya dpat kan baru 1.
    oia salam kenal dari sya, saya juga orang riau🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s