Tips Mengatasi Pilek

Kalau sering begadang, kecapean, kondisi tubuh menurun, huachiii2  (baca: bersin2) kemungkinan besar datang menghampiri. Hidung jadi sakit karena keseringan “srat-srot”😦, konsumsi tisu meningkat-jadi teman yang dibawa kemana2 …. kepala ikut senat senut .. gak enak banget rasanya😦 .

Bagi yang pemalas minum obat flu, mungkin beberapa cara sederhana ini bisa membantu untuk mengurangi bahkan menghilangkannya.

  1. Olahraga ringan di pagi hari … merasakan sinar matahari itu lumayan melegakan🙂
  2. Perbanyak makan buah dan sayur.  Buah yang mengandung banyak vitamin c  dan sayur baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Karena penyebabnya kurang istirahat, ya mau gak mau menambah waktu istirahat, tidur itu cara yang ampuh.
  4. Perbanyak minum air putih apalagi yang hangat, berasa enak saat ditenggorokan ..  Minum susu coklat hangat juga enak😀.  Intinya bikin badan jadi enak aja🙂, karena terkena pilek itu udah gak enak😦

Tips diatas sudah terbukti pada saya, saat ini ditulis, “usia” pilek saya baru satu hari, tapi sore ini alhamdulillah sudah berkurang😀 , huachiii2 nya  sih masih, tapi frekuensinya sudah jarang.

Tapi yang terpenting, pilek itu merupakan reaksi tubuh, mengindikasikan ada sesuatu yang tidak berjalan normal di dalam tubuh kita. Evaluasi, jangan2 kita telah mendzalimi diri sendiri (cepat-cepat istighfar yang  banyak kalau  faktanya memang begitu).  Tapi kalau belum bisa menghindari  faktor penyebabnya ….. ya semoga badan bisa mengerti dan mau bekerjasama🙂 … penuhi sisi kebutuhannya yang lain jika ada yang harus dikurangi (sifatnya juga sementara di kondisi “darurat “aja. Kalau “daruratnya udah selesai – janjikan akan mengganti semuanya😀 )

Beberapa tips menghilangkan flu dapat dibaca disini juga.

1. Detikhealth

2. Salah satu artikel kesehatan di koran

 

 

jangan mau pelihara sakit …..

jangan mau lama-lama sakit …

Semoga cepat sembuh bagi yang sedang sakit🙂

2 thoughts on “Tips Mengatasi Pilek

  1. tipsnya bagus tuh pit, aku tambahin satu:

    kalo pileknya disertai hidung mampet, makan yang pedes2 aja, biasanya mujarab, tapi hati-hati, klo terlalu berlebihan bisa-bisa pilek hilang diare datang, hahaha…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s