-S E L E S A I-

Senin, 7 Maret  2011 akan ku catat sebagai salah satu hari bersejarah bagi ku. Hari penentuan kelulusan untuk pendidikan pasca sarjana yang ku jalani di Institut “Gadjah Duduk” Bandung dari Agustus 2008.

Deg-deg-an  mulai terasa pada H-20 jam sebelum sidangnya. Jam 2 tengah malam saat terbangun , mendadak otakku bilang ” ini udah hari senin, jam 12 siang nanti aku bakalan sidang” dan mendadak aku pun deg-deg-an 😦 . Terakhir aku sidang tahun 2007  untuk kelulusan S1. Kalau jadi penguji sidang aku sudah mulai terbiasa, mulai tau pada point2 apa saja  pengujiannya.  Tapi sekarang aku diposisi yang diuji … hmmmm … deg2an itu terus ada, walau sudah berusaha ku alihkan dengan fokus memikirkan dan melakukan hal yang lain.

Syukurnya perasaan itu tidak berlangsung lama. Jam 6 pagi, saat aku menelpon teman, disalah satu kalimatnya aku mendengar  “ya, suka tidak suka, siap tidak siap, , itu harus dijalani kan ?? jadi hadapi saja …  “.

“Benar, jalani saja, hadapi saja, dan lakukan yang  terbaik untuk itu”. Bismillah .. ok .. siap …” Hati ku berakata seperti itu, dan perlahan rasa deg2an itu pun hilang. *Usaha menenangkan diri pun berhasil*🙂

Jam 11 siang aku berangkat, sampe ke kampus sekitar jam 11.30. Dikoridor kampus sempat bertemu dengan teman ku yang juga baru selesai sidang. Ngobrol sebentar, mengucapkan selamat dan bertanya seputar sidangnya tadi, akhirnya sekitar 11.45  sampai di ruang sidangku.

Sambil menunggu penguji datang, ku siapkan semuanya,  buka slide presentasi, buka beberapa file yang kira-kira dibutuhkan untuk membantu penjelasan  nanti, membaca ulang slide presentasi , membalas beberapa SMS dan akhirnya mematikan semua alat komunikasi.

Satu persatu penguji masuk. Sekitar 12.05 sidang dimulai. Pembimbingku belum datang. 15 menit presentasi, di tengah2 presentasi pembimbingku masuk, duduk sekitar 10 menit, setelah itu beliau keluar lagi. Presentasi selesai, tanya jawab pun bergulir. Mulai dari pertanyaan tentang konten yang bersifat “filosifis” sampai dengan teknis, dan tata tulis. Ku coba jawab semua pertanyaannya sesuai dengan apa yang kupahami, argumentasi berdasarkan referensi2 yang kubaca, dan pertimbangan2 yang ku gunakan saat pembuatannya. Alhamdulillah lancar. Tapi aku sedikit tidak berkutik saat penguji mengomentari beberapa kesalahan tata tulis di bab2 terakhir buku tesisku. Ada istilah asing yang lupa tidak di italic, terlalu banyak menggunakan istilah asing, ada beberapa jenis font yang berbeda😀, semuanya ku akhiri dengan kalimat ‘iya bu, terimakasih untuk koreksinya, nanti akan diperbaiki”. Dalam hati ku berkata, gpp bu, selama konten saya sudah dinilai benar, tata tulisnya mau dikritik, silahkan .. ” Pelajaran yang kuambil dari sini, selain kebenaran konten yang harus diperhatikan, kebenaran tata tulis itu juga sama pentingnya.

Jam menunjukkan pukul 13.30.Salah satu penguji berkata ” ya sudah cukup tanya jawabnya, dan untuk sidang tertutup, silahkan tunggu diluar dulu ya”. Baru minum beberapa tegukan, sudah dipanggil masuk lagi. “oh teryata cepat juga, kurang dari 5 menit sepertinya..

“Berdasarkan hasil sidang, saudari dinyatakan lulus, bla bla bla ( kalimat selanjutnya saya sudah tidak terlalu fokuskan lagi, karena hati dan pikiran ku sudah langsung bilang ALHAMDULILLAH”. Lega ……

Setelah sidang ditutup, lalu aku ke mushala  untuk shalat. Setelah selesai, hape diaktifkan, dan mencari nomor hp ibu untuk ku hubungi. “Ma, sidangnya sudah selesai, dan alhamdulillah sudah lulus” Mungkin karena ikatan emosi yang kuat antara ibu dan anak, air mata ku refleks keluar saat aku mendengar ibu ku berkata “Alhamdulillah Nak .. Alhamdulillah”.  (Padahal sebelumnya perasaanku tidak terlalu mengharu-biru spt itu, tapi semuanya mendadak langsung berubah🙂 ).

Sepanjang perjalanan pulang, ingatanku kembali ke saat2 awal memulai kuliah. Terbayang kembali saat  aku mengikuti semua test untuk masuk, ingat lagi rasa harap2 cemas saat menunggu pengumuman penerimaan, ingat segudang cerita suka duka saat kuliahnya, dan dua gudang cerita suka duka saat mengerjakan tesis, dan akhirnya … selesai. (kisah suka duka berkutat dengan tesis lebih detil di postingan selanjutnya🙂 ).

Kesimpulan akhir ku ..

  • Oh, begini rasanya kuliah pasca sarjana ..🙂
  • Oh, begini rasanya kalau kuliah sambil bekerja😀
  • Oh begini rasanya mengerjakan tesis ..
  • Oh begini rasanya lulus …

Aku ucapkan terimakasih ke semua orang atas semua bentuk  bantuan yang sudah diberikan selama aku menyelesaikannya.

  • Terimakasih untuk orang2  dimana aku sering mendiskusikan tentang content tesis, ngasi banyak masukan tentang tesisku, tips sidang, bantuin ngasi pertimbangan saat nyari penguji sidang dan lainnya.
  • Terimakasih untuk yang sudah bersedia mereview, mengomentari content maupun tata tulis buku ku dengan detil. Aku mengakui bahwa aku belum terlalu teliti dan detil kalau mengoreksi sesuatu. Semoga bisa ku tingkatkan nantinya🙂.
  • Terimakasih untuk semua orang  yang memotivasi ku,   karena kadang semangat ku mengerjakan tesis hilang menguap entah kemana. SMS, wall di FB, YM, G-Talk, obrolan saat ketemu, semuanya itu efektif untuk membangkitkan semangat ku  😀
  • Terimakasih yang sudah jadi reminder. “Pokoknya minggu depan kamu harus ke pembimbing”, “sudah sekarang pindahkan ke template buku dan bawa ke pembimbing”. “Sudah hampir jam 3, buru pergi ke pembimbing sekarang, tadi janjiannya jam 3.3o kan?”. Mungkin aku belum sidang sekarang kalau gak ku turuti instruksi2 itu🙂
  • Terimakasih untuk yang sudah membuatkan secara sukarela template presetasi ku, padahal request awalnya  cuma diminta mengomentari design slidenya aja, tapi balik2 eh dikasi template . Bikin jadi semakin pede pas presentasinya🙂
  • Terimakasih untuk semua yang sudah mendoakan. Selau ada tambahan semangat, ada tambahan kekuatan saat mendengarkan atau membaca doa2 yang ditujukan untukku🙂.

Tanpa bantuan kalian semua, mungkin aku belum bisa menuliskan cerita tentang kelulusan ku ini. Dari hati yang paling dalam🙂, aku ucapkan terimakasih setulus-tulusnya, dan mendoakan balik semoga Allah membalas kebaikan itu dengan lebih baik lagi. Kalau untuk makan2, doakan saja rezekinya berlebih ya, jadi bisa terealisasi🙂 …

 

Kupersembahkan kelulusan ku ini untuk semua orang yang ku sayangi.

2 thoughts on “-S E L E S A I-

  1. Wooowww,,,panjang mbak….😀

    Selamat yah…🙂 Doakan reza segera nyusul Mbak yah…
    pengen jugak….

    • Ya panjang, itung2 ganti udah lama gak ngeblog lagi Za🙂

      Makasih Za, Iya, didoakan semoga tesisnya lancar dikerjakan dan segera selesai🙂. Ntar mau nulis, berbagi beberapa tips ngerjain tesis supaya efektif dan efisien, (berdasarkan pengalaman sendiri yg belajar dari kerjaannya sendiri) mudah2an bisa ngebantu🙂

Leave a Reply

