Selamat jalan Pak

Perawakannya sederhana, orangnya sederhana, pekerjaannya mengambil sampah dari rumah kerumah, tapi pelajaran yg telah diberikannya sampai sekarang masih terus ada di kepalaku, walau beliau sudah meninggal sekitar 3 minggu yg lalu.

Sapaan ramah setiap pagi mengingatkan plastik sampah yg belum ditaruh diluar. Senyum tulus selalu menyertai tangannya yang terulur menerima plastik sampah yg ku berikan, muka yang selalu cerah sambil mendorong gerobak sampahnya, kalimat-kalimat pengingat agar berhati-hati jika motorku diluar pagar .

Tidak ada gurat wajah mengeluh, tidak ada ekspresi muka yg cemberut menjalani apa yg digariskan pada hidupnya. Hari-harinya dijalani dg muka cerah dan wajah yang selalu tersenyum

Hari ini, tepat 3 minggu kepergiannya menghadap pencipta Nya. Meninggal karena sakit yang telah lama dideritanya. Aku masih ingat, saat pertama kali membaca sms sekitar jam 3 sore, berisi berita duka dikirim oleh temanku yg kebetulan sedang dirumah saat itu, ada rasa tidak percaya. Berulang2 kali kubaca lagi hanya untuk memastikan aku tidak salah baca. Masih segar diingatanku, pagi itu aku masih melihat wajahnya yg cerah, tersenyum menyapaku, sambil mengambil plastik sampah . “Cuma ini neng sampahnya?? Gak ada yang lain??, mau berangkat kerja sekarang neng??. Aku masih melihat dari belakang punggungnya berusaha untuk tetap tegap, setegap semangatnya.

Selamat jalan Pak. Terimakasih atas pelajaran berharganya, semoga bisa ku contoh.

“Emas, dimanapun tempatnya, tetap disebut emas.
Emas, sekecil apapun ukurannya, tetap disebut emas.
Emas keluar dari mulut siapapun, tetap disebut emas.”

2 thoughts on “Selamat jalan Pak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s