Iklan Cerdas

Tujuan utama iklan untuk mempromosikan sesuatu. Kadang ada iklan yang lebay dan alay sampai speechless mau mengomentarinya, tapi banyak juga iklan yang bagus. Iklan yang membawa pesan moral tertentu, sekaligus promosi produk, juga membawa nilai2 lebih (dan tentunya baik). Dengan makin sering diulang, semoga pesan2 moralnya semakin diingat penontonnya (jadi itung2 berpahala juga bagi yang ngiklan :)).

Ada juga iklan yang mengasosiasikan produknya dengan sesuatu yang lain, yang kadang gak nyambung tapi jadi bisa terhubung. Semuanya tergantung kreativitas yang bikin skenario cerita iklan pastinya🙂

Beberapa contoh iklan yang bisa dikategorikan iklan yang “cerdas” (menurut saya) beberapa diantaranya :

Iklan pemanis minuman, yang selama iklannya ditayangkan terdapat lirik lagu yang terkesan “romantis”, dan sepertinya bisa dicontek buat ngegombalin orang jg🙂. Produk pemanis nya diwakilkan dg kata “sweetest” pada lirik lagu :
Will you remember me
The way I remember you
You are the sweetest
Every moment with you is the sweetest one..

Setiap orang menyanyikan lagu itu lagi, kata sweetest nya akan selalu berasosiasi dengan produk pemanis tadi.

Iklan susu balita:

You are everything
And because you are everything
I give you everything

Setiap orangtua “defaultnya” selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Dengan mengulang kata “everything” sangat mewakili perasaan orangtua tsb.

Strategi membuat iklan jadi beberapa cerita yang bersambung sepertinya juga bagus, setidaknya bikin orang penasaran untuk mengikuti cerita akhirnya.

Beberapa iklan yang menyisipkan pesan moral dalam iklannya seperti :

“Tak perduli dengan peran yang kulakukan, akan kulakukan yang terbaik”  (iklan salah produk  minuman)

“Akan kulakukan untuk menjadi kebanggaan”  (iklan salah satu Bank)

I promise to discover my self
Life is an adventure … (iklan susu anak)

Terlepas produknya jadi banyak dibeli atau tidak (banyak faktor yg dipertimbangkan saat membelinya spt harga, cocok/tidaknya jika digunakan dan faktor2 lainnya ) tapi cara menyampaikan informasi untuk mempromosikan produknya itu cerdas atau bisa mencerdaskan orang lain:)

*tapi saya bukan korban iklan ya🙂 *

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s