Jangan tangisi yang bukan milikmu

Kita tidak akan mencapai sesuatu jika itu memang bukan hak kita

Meskipun ia nyaris menghampiri kita, atau kita yang mati-matian untuk mengupayakannya, jika memang bukan hak kita, maka tidak akan pernah bisa kita memilikinya

Wahai jiwa yang sedang gundah, dengarkanlah, ini datangnya dari Allah “Boleh jadi engkau membenci sesuatu padahal ia baik bagimu, boleh jadi engkau mencintai sesuatu, padahal ia buruk bagi mu”, maka sudahlah…. Jangan engkau tangisi apa yang bukan milikmu.

*mengabadikan satu tausiyah yang masuk ke inbox saya di hari ini yang “menyadarkan” untuk tidak perlu menangisi sesuatu yang memang bukan milik sendiri.

Terimakasih juga untuk yang sudah ngasi tausiyah, sangat mengena sekali mb, tepat dan pas🙂

One thought on “Jangan tangisi yang bukan milikmu

  1. Maka wahai jiwa yang sedang gundah, dengarkan firman dari Allah : ” Boleh jadi kalian membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagi kalian. Dan boleh jadi kalian mencintai sesuatu, padahal ia amat buruk bagi kalian. Allah Maha mengetahui kalian tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 216).

    Maka setelah ini wahai jiwa, jangan kau hanyut dalam nestapa jiwa berkepanjangan terhadap apa-apa yang luput darimu. Setelah ini harus benar-benar dipikirkan bahwa apa-apa yang kita rasa perlu di dunia ini harus benar-benar perlu bila ada relevansinya dengan harapan kita akan bahagia di akhirat. Karena seorang mukmin tidak hidup untuk dunia tetapi menjadikan dunia untuk mencari hidup yang sesungguhnya : hidup di akhirat kelak! Maka sudahlah, jangan kau tangisi apa yang bukan milikmu!

    Allahu’alam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s