Pendidikan Indonesia ??

Dari  daftar urutan universitas terbaik di Asia tahun 2011 yang diterbitkan oleh lembaga pemeringkat perguruan tinggi dunia – Quacquarelli Symonds (QS)  (Lengkapnya bisa dilihat di http://www.topuniversities.com/university-rankings/asian-university-rankings/2011.) , terdapat “wakil” dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia seperti :

  • Universitas Indonesia : peringkat 50
  • Universitas Gadjah Mada : peringkat 80
  • Universitas Airlanga : peringkat 86
  • ITB : peringkat 98
  •  Institut Teknologi Telkom (almamater pertama ku ) ada di peringkat 201+ (baca: peringkat 200-an)

Diperingkat 10 besar,  didominasi perguruan tinggi dari Asia Timur seperti  negara Hongkong, Jepang, Korea Selatan. Di Asia Tenggara, Indonesia masih kalah dengan dengan negara Singapura yang ada di peringkat 3 dan 17 (National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University. Indonesia juga kalah dengan Thailand  yang ada di peringkat  34 (Mahidol University). Kalah juga dengan Malaysia yang ada di peringkat 37  (University Malaya) – *padahal dulu  guru sejarah saya menyampaikan bahwa Malaysia pernah mengirimkan orang2nya untuk belajar ke Indonesia.

Untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Indonesia ada di peringkat 111 dari 182 negara di dunia dan peringkat ke 6 dari 10 negara di Asia Tenggara. Rendahnya IPM Indonesia karena faktor pendidikan, kesehatan dan kemiskinan (salah satu sumber : MetroTvnews)

Ini faktanya. Mau merasa miris, sedih, tidak terima ??? tetap tidak merubah kodisi nyatanya ..

Jangan lagi ributkan kenapa bisa begini ? ini salah siapa ? siapa yang harus bertanggung jawab dengan pendidikan di Indonesia yang turun ??

Ya .. Kita semua-yang mengaku orang Indonesia, bertanggung jawab untuk meperbaikinya. Sesuai dengan  kontribusi kita masing-masing, berikan kontribusi yang terbaik untuk itu. Yang kaya berkontribusi dengan uangnya. Yang ada di pemerintahan berkontribusi dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkannya. Akademisi berkontribusi dengan ilmunya. Praktisi berkontribusi dengan pengalaman2nya, sehingga minimal  :

  • Jumlah anak-anak putus sekolah tidak bertambah banyak dari tahun ke tahun
  • Pendidikan itu bisa dirasakan oleh semua orang, mulai dari yang berada sampai yang tidak punya.

Mari bahu membahu untuk itu ……….

2 thoughts on “Pendidikan Indonesia ??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s