Yang Pertama [saat jadi mhs & dosen]

Saat sedang mengoreksi tugas-tugas mahasiswa, mendadak ingat kejadian-kejadian yang masih berkesan mendalam saat saya menjadi mahasiswa.  Kejadian-kejadian “pembuka’ dan dari kejadian itu untuk seterusnya ada yang jadi kebiasaan, ada yang kondisinya jadi berbalik, dan ada yang normal  .

  •  Jadwal pertama kuliah –> sangat tidak mau terlambat masuk. 10 menit sebelum jadwalnya sudah ada di depan pintu kelas menunggu mahasiswa di kelas itu keluar (rajiiiiin sekali …. )🙂.
  •  Pertama kali memberanikan diri bertanya di kelas –> saat ngangkat tangan seperti ngangkat barbel 10 kg (asli, gak pake lebay).  Masih ingat banget kejadian nya itu saat kuliah sistem operasi, membahas tentang kernel. Setelah  nanya ke teman-teman yang duduk di sebelah kiri, kanan, muka, belakang,  semuanya jawab “sama, aku juga belum ngerti” akhirnya saya mengambil kesimpulan “sudahlah, saya nanya langsung aja ke dosennya, sepertinya banyak yang belum ngerti juga”.  Sebelumnya saya ragu bertanya karena khawatir “waduh jangan-jangan saya doang nih gak ngerti, kan gak enak – ntar dulu ah … nanya teman dulu aja. Setelah dosennya ngejelasin ulang, keluarlah kalimat “oo begitu” dari hampir sebagian besar orang2 yang ada di kelas. Setelah kejadian itu, paradigma malu bertanya langsung hilang. Kalau mau bertanya, ya langsung  angkat tangan aja … 🙂
  • Pertama kali presentasi di depan kelas –> keringatan, deg-degan, ngomong tersendat-sendat, biasa … demam panggung🙂 . Setelah sering-sering presentasi, malah jadi “kenapa ya dulu bisa deg-degan banget”
  • Pertama kali IP keluar –> waahh, saat menunggu semua nilai lengkap, sesuatu banget itu rasanya🙂   Tiap hari nunggu, liatin pengumuman di kampus. . Dan setelah nilai semua matakuliah keluar, dan IP nya sesuai target … rasanya ada banyak bunga yang mekar disekitar saya pada hari itu. Senyum pun  menghiasi wajah seharian.  Semester-semester selanjutnya, selalu bersyukur dengan IP nya tetap sesuai target, tapi perasaannya tidak se-berbunga saat semester 1 dulu 🙂
  • Pertama dapat penghasilan sendiri –> penghasilan pertama sebagai asisten praktikum Analisa Data (Statistika).  Rasanya seperti orang kaya banget🙂 . Walaupun nilai nominalnya tidak terlalu besar, tapi perasaan bangga itu terus ada. “saya mulai bisa mandiri” begitu kira-kira suara hatinya. Saya sampai SMS sodara dan orangtua … hiihihi. Sudah lupa uangnya dihabiskan untuk apa saja,  yang jelas habis aja …😀
  • Pertama kali sidang –> ini kasusnya sama seperti pertama kali presentasi, malah lebih akut. H- 2 jam sudah mulai berasa. Hilangnya setelah sekitar 10 menit presentasi.
  • Pertama kali ngajar –> deg deg deg deg … rasanya sedikit campur sari. “wew, 40 pasang mata semuanya melihat ke arah ku  .. aduh jangan sampai mati gaya nih … ”😀.  Kuliah pertama yang saya ajar adalah Pemrograman VB di Program Proffesional STT Telkom. Walau sebelumnya terbiasa menjadi asisten praktikum, – tapi itu versi rame-rame, nah kalo ini versi solo karir, jadi tetap aja sedikit deg-degan sekitar 3 menit masuk kelas. Buat adaptasi – buka sesi kenalan dulu dengan mahasiswanya🙂, dan sepertinya mereka gak terlalu ngeh kalau pengajarnya agak deg-degan saat itu😀.

Pelajarannya : jangan ragu untuk memulai, merasakan, mengalami sesuatu yang baru (sesuatu  harus yang baik). jika kejadian pertama itu mungkin masih belum sesuai dari yang diharapkan, tidak masalah karena dari sana dimulai proses pembelajarannya. ke 2-3-4 tidak mungkin ada jika 1 nya belum dilakukan. Jika yang pertama sudah baik, jadikan motivasi , patokan untuk ke 2-3-4 dst nya itu jadi lebih baik lagi.

#yang pertama itu selalu berkesan beda🙂

2 thoughts on “Yang Pertama [saat jadi mhs & dosen]

  1. heheheh, kalau dari ceritaya, terindikasinya seperti apa mas ???😀

    Saya bukan asdos TELKOM, tapi pernah jadi asisten praktikum saat jadi mhs di STT Telkom a.k.a ITT Telkom😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s