The Master of ‘Multitasking’

Hari ini ada test microteaching dan wawancara untuk calon dosen paruh waktu di Institusi tempat saya bekerja. Dari enam orang calon dosen yang diwawancara, ada satu orang yang ‘berkesan’ bagi saya.

Saat ditanya, “apakah ibu terbiasa bekerja dibawah tekanan? “, “apakah ibu tidak kerepotan mengatur waktu karena mengajar di beberapa tempat + mengurus keluarga ???. Maka mengalirlah cerita dari si Ibu tersebut…“Saat saya melanjutkn S2, saya sambil bekerja di Perbankan. (Saya sering mendengar cerita bahwa bekerja di Bank itu sangat menyita waktu dan menguras energi). Sambil itu, saya juga mengajar paruh waktu di suatu perguruan tinggi. Selain itu saya hamil, suami saya mendapat tugas di luar kota selama beberapa bulan, dan ibu saya sakit”.

Refleks saya dan rekan se tim wawancara saling berpandangan.  Ternyata …. multitasking si Ibu itu luar biasa sekali. Gak ada apa-apanya kalau dibandingkan dengan multitasking yang saya lakukan. Cetek ….

Si Ibu kemudian menambahkan penjelasannya: ” jadi kalau kondisi sekarang, saya sudah melahirkan, ada ibu saya yang membantu mengasuh anak-anak saya, suami yang sudah bekerja di kota yang sama, mengajar dibeberapa tempat itu bukan masalah besar bagi saya. InsyaAllah saya bisa mengatur waktunya. Rumah saya juga dekat dari sini, jadi saya juga masih bisa kontrol anak-anak saya jika sewaktu-waktu diperlukan”

Satu lagi yang bikin saya terkesan dengan si Ibu ini. Saat saya tanya, “bagaimana cara ibu menyelesaikan suatu  masalah? ” , dengan ringkas, simple, sederhana, jelas, lugas, tegas  si Ibu menjawab “bangun tengah malam dan shalat tahajud. Setelah itu, selalu ada jalan keluar yang ditunjukkan ke saya. “. Untuk kedua kalinya saya dan rekan saya saling berpandangan lagi. Kalau kita bagaimana ?????

Wawancara yang berkesan dan berharga . Nilai maksimal buat si Ibu dari saya🙂.  Dan saya daulat si Ibu menjadi the master of multitasking, karena dari para master multitasking yang saya kenal, si Ibu ini yang paling multitasking

One thought on “The Master of ‘Multitasking’

Leave a Reply

