Synergy

Apa jadinya jika semua jari tangan telunjuk semua ? Mereka tidak akan bisa memperkuat satu sama lain. Maka Allah ciptakan : jempol – yang walaupun paling pendek, tapi jadi penggengam yang kuat jika disatukan dengan yang lain. Jika ingin memberikan pujian ke orang lain, jempol yang selalu diacungkan. # dan jempol pun tidak protes kenapa dirinya yang paling pendek diantara yang lain. Telunjuk dan kelingking pun tidak protes kenapa bukan mereka yang dipilih untuk mewakili pujian ke orang lain.

Apa jadinya kalau sifat manusia semuanya  diciptakan sama?. Pendiam semua? maka hening sepi lah dunia. Semua cerewet ? semua akan saling bersaing agar omongan mereka yang pertama didengar.

Apa jadinya kalau semua orang punya harta  yang cukup? Siapayang akan membantu mereka karena tidak ada yang bersedia digaji lebih murah. Yang berkecukupan diciptakan  ada untuk membantu yang kurang, begitu juga sebaliknya

Apa jadinya kalau semua manusia berprofesi sebagai dokter, siapa pasiennya ? Apa jadinya jika semua orang adalah pengusaha ? siapa konsumennya ?

Karena tangan akan jadi aneh jika semua jarinya sama …

Karena hidup bisa jadi membosankan jika semua sifat manusia sama …

Karena akan jadi membingungkan jika semua profesi sama …

Maka semuanya diciptakan beragam

Jadi, jangan anggap remeh peran yang lain. Tidak perlu menganggap rendah diri sendiri  dengan semua yang ada. Sekecil apapun itu punya arti yang penting.  Karena semuanya bisa saling melengkapi, saling menguatkan dan saling menyeimbangkan, agar  jadi lebih baik, lebih lengkap, lebih  seimbang🙂

“S A L I N G” … it’s called synergy🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s