Jadi, Apa Manfaatnya ?

Pada kuliah Selasa kemaren, “iseng” saya melontarkan beberapa pertanyaan ke mahasiswa2 saya

“skrg sudah di semester terakhir, smstr 6. Jadi, sampai dengan smstr ini, manfaat apa saja yang sudah diperoleh, yang sudah dirasakan?,

-mhs saya mengheningkan cipta sesaat, alias diam. Asumsi saya mereka berfikir.

Saya tambahkan penjelasan “gak perlu jauh2 dulu jawabannya, manfaat buat diri sendiri dulu saja…” Sedikit “melebaykan” keadaan, saya sampaikan : kita hitung-hitungan sedikit ya : biaya per semester Rp 5 jt X 6 smstr = 30 jt. Biaya hidup di sini perbulan kalau 1 jt = 36 jt. Biaya ngekos pertahun = 5 jtx3 th = 15 jt. Jadi minimal orangtua udah ngeluarin sekitar 80 juta- buat “upgrade” diri anaknya. Kalau dijadiin modal dagang sama orangtua lumayan bisa jadi banyak🙂

– mhs saya tetap diam membisu, baiklah, saya “paksa” mereka menjawab dengan memanggil nama mereka” –

“X, yang kamu rasakan manfaatnya apa ?”

Dengan nada sedikit tidak yakin X menjawab “mmm.. Nambah teman Bu”. “Jadi, dengan 80 jt udah nambah berapa juta teman di FB mu ?, ada yg lain lagi ? ” X diam. Baiklah, saya cari jawaban yang lain

“Y, kalau kamu gimana?, dg 80 jt udah dapat apa aja?”

Dengan lebih percaya diri Y menjawab ” Dapat banyak Bu, belajar jaringan, saya bisa konfigurasi macam2, saya tahu yang lain2 juga, saya belajar kalau bekerja dibawah tekanan itu seperti apa, punya banyak teman juga”

“Jadi, menurutmu 80 jt itu sudah sebanding dengan hasil yang kamu dapatkan?” .. “Sudah bu”

“Baik, terakhir ..Z .. Kalau kamu gimana?” .. “Mmm hampir sama Bu”

Merasa sudah cukup dengan sample jawaban dari mereka, maka saya cukupkan menunjuk mereka untuk menjawab pertanyaan itu. “Baik, Saatnya menyimpulkan jawaban2 mereka … ”

“Pertanyaan itu juga pernah saya tanyakan ke diri saya sendiri saat jadi mahasiswa dulu – dan saya sendiri yang harus jujur menjawabnya”

Kalau ditanya, tidak ada seorang pun yang mau rugi- semuanya ingin untung. Sepakat ?

Jadi, mau itu untung atau rugi atau impas, kita sendiri yang menentukan seberapa besar hasil yang ingin kita dapatkan. Silahkan dipikirkan masing2, pertemuan selanjutnya pertanyaan saya nanti adalah ” saat lulus nanti, saya mau masuk kategori yang untung, rugi, atau impas ? “selamat mikir ya “

Leave a Reply

