Wejangan Pak Dokter

“Ooo Anda dosen ya? ??? mmmm…. kebetulan, nanti saya nitip pesan ke mahasiswa2 Anda ya untuk jaga kesehatan, jaga pola makan. 80% pasien saya di sini adalah mahasiswa dan hampir sebagian besar penyakitnya adalah typus…. saya juga menduga Anda kena typus. … bla bla.. bla..”

dan segala wejangan tentang kesehatan pun mengalir dari mulut Dokter yang sudah senior itu.

“Ya, saya sudah hampir pensiun, 3 tahun lagi saya pensiun. Dari pengalaman saya menjadi Dokter selama ini, pola hidup yang tidak sehat itu jadi penyebab tubuh kita mudah terserang penyakit. Anda  makannya berapa kali sehari? sarapannya jam berapa? Porsinya seberapa banyak? Makan siangnya bagaimana? jam berapa? Trus makan malamnya bagaimana?

Sederet pertanyaan introgasi menyerang teman saya yang sedang sakit itu,  dan saya hanya diam – menyimak pembicaraan yang terjadi antara dokter dan teman saya yang sedang diperiksa.

Kalau sholat itu 5x sehari, makan itu 3x sehari. 6-12-6. Sarapan jam 6 pagi, makan siang jam 12 dan makan malam jam 6 sore. Sarapan juga harus diperhatikan porsinya. Jangan sarapan hanya dengan 1 bungkus sereal en****n saja, itu porsi anak TK. Untuk orang dewasa, lambung dan usus nya sudah besar, itu lihat. .. (sambil menunjuk gambar sistem pencernaan yang dipajang di dinding ruang prakteknya). minimal 4 bungkus. … bla bla dst dst. ..

Wew, kalau dari wejangannya, terlihat sekali pola hidupku gak sehat *membatin sendiri dalam hati…..

Anda memang positif typus, jadi istirahat total selama 12 hari, bed rest, dilarang bekerja.  perhatikan pola makan, makan yang lembut, bubur, jangan yang pedas…

Dan sederet aturan-aturan lainnya keluar saaaangatt lancar . Sesekali saya  juga menanyakan beberapa pertanyaan yang belum jelas sambil mengingat2 beberapa aturan itu supaya bisa bantu ngingetin teman saya yang sakit juga (kalau-kalau ntar teman saya itu melanggar aturan Pak Dokter, kan saya bisa bantu marahin :D)

Masih banyak sebenarnya wejangan dokter itu. Tapi sayangnya saya belum makan, jadi kelaparaaaan selama ngedengar wejangannya. Dosen yang sabar, baik, dan ramah. Itu kesan saya. Sepertinya belum minum obat nya aja, pasiennya sudah bisa ‘setengah’ sembuh karena sugesti sembuhnya.

Itu kejadiannya seminggu yang lalu. Malam ini, saya bertemu dokter itu lagi. Saat menunggu, eh saya malah ketemu dengan mhsi saya yang ternyata juga sakit typus. Statistika dokter itu terbukti benar sepertinya🙂. Diakhir wejangannya, si dokter mengatakan

Anda jangan stress, selama bedrest nikmati saja. Ada waktunya sibuk bekerja, ada waktunya Anda merenung, Ada waktunya Anda istirahat. Seimbangkan saja.

7 thoughts on “Wejangan Pak Dokter

  1. Woooww,, inih wejangannya dari dokter apotek yang depan perumahan patung kuda bukan ya, Mbak?

    Perasaan pernah diceramahi hal yang mirip… mirip banget malah, bedanya kemaren tuh ada tambahan wejangan analogi peredaran darah, darah tinggi sama obesitas😦

    • bener. … dokter yg disana. iya sptnya si Pak Dokter default wejangannya itu🙂 kmrn pas ngobrol2 dg yang pernah kesana jg, wejangannya jg itu. … Bener semua kog itu yg disampein. ….Dokter…🙂

      • sakit radang tenggorokan doank c, Mbak.. tapi dikasinya obat mag, sama radang tenggorokan… duh, si pak dokternya nambah2in biaya obat😦

        tapi mbak ipit hebat yah, walo tipus masi tetep ngantor… keren, Mbak! 😀

  2. ooohh… ada yang perlu diluruskan .. kesana dalam rangka mengantarkan teman yang sakit typus .. waaahh kalau saya yang sakit udah wasalam Polteknya, bersemedi aja deh dirumah.😀. Ternyata bedrest typus itu lama juga ya ..12 hari … [bosan banget pastinya]😀 –> kesimpulannya : jaga kesehatan dan jangan sampai kena typus !!!!

Leave a Reply

