Surat Untuk Ibu [2]

Ibu. .. kalau boleh memilih, aku ingin jadi anak-anak terus saja, bisa main-main terus, senang terus…jika ada yang sakit,aku akan mengadu ke ibu untuk minya diobati, jika aku sedih. … aku akan memeluk ibu dan ibu akan menghiburku sampai aku bisa tersenyum lagi. ibu yang memasakkan makanan dan aku tinggal makan,  kalau aku ingin bermanja-manja, tinggal duduk bersandar di pundak ibu. Ibu selalu ada untukku. Jika aku bangun tidur dan tidak melihat ibu ada disamping, cukup nangis sedikit, ibu akan segera datang mendekat dan menggendongku.

Tapi itu sungguh tidak mungkin kan Bu? ??

M
Sangat tidak mungkin Nak. Kamu tumbuh semakin besar, semakin dewasa. Satu persatu tanggung jawab itu diserahkan di pundak mu untuk kamu emban. Dan ibu yakin. … kamu sanggup .. .

Berat Bu. …

Bisa Nak… tergantung sudut pandang kamu melihatnya. Lihat itu sebagai suatu nikmat yang layak untuk disyukuri. ..

Tapi Bu. … saat menjalaninya, kadang ada banyak air mata yang tumpah, ada tubuh sendiri yang terdzalimi, ada orang yang tersakiti..  ada kesabaran, keikhlasan yang selalu diuji. Capek Bu….Aku ingin seperti kecil dulu saja. Bisa bermanja-manja dengan Ibu. …

Itu proses pembelajaran mu Nak, nikmati itu .. ada senyum yang bisa kamu ukir setelah itu. … Kamu tetap masih bisa bermanja-manja dengan Ibu kan? sejak kapan Ibu larang kamu tidur di pangkuan Ibu?

Tapi kan sudah beda rasanya Bu … kalau sekarang bersandar di pundak Ibu, ikut juga bersender urusan-urusan yang ada di kepala.

Nak, Ibu yakin kamu bisa menjalani nya. Sama seperti dulu saat Ibu diamanahkan untuk mengandung mu, melahirkan mu, merawat mu, membesarkan mu. Semua kesulitan itu dijalani. Sekarang, ini kamu. …

Kuatkan diri mu Nak, pasrahkan semua hasil usahamu pada yang paling berhak Mengatur, minta selalu untuk diatur yang terbaik, kamu tinggal menjalankannya … sudah, cukup. …

Bu. … yang jelas, saat ini aku rindu ingin  bersender di pundak Ibu, ingin merebahkan badan di pangkuan Ibu……

Leave a Reply

