Be a Professional Human

Sepertinya kata profesional itu sudah sangat familiar di telinga. Profesional dalam berbisnis, profesional dalam berkarir. Sepertinya semuanya butuh dan mensyaratkan itu jika ingin hasil yang baik dan berkualitas.

Apa itu profesional?  apanya profesor atau siapanya emosional atau apa hubungannya dg proporsional?

Kalau menurut saya sendiri (terjemahan bebas sebebas-bebasnya tanpa pakai referensi dari kamus besar bahasa Indonesia), profesional itu adalah :

Sikap konsisten dalam menjalankan suatu peran/amanah sesuai dengan yang seharusnya, sesuai dengan prosedurnya. ON THE TRACK, mungkin itu kata kuncinya. Gak bakalan dibilang profesional seseorang kalau dia menjalankannya versi angin-anginan, atau setengah-setengah. Profesional itu tentunya bisa muncul jika niatnya juga benar.

Kalau ceritanya diteruskan, profesional sebagai manusia, apa pulak itu? (jangan lupa dibaca dg logat medan🙂 ). Prinsipnya sama, selalu konsisten menjaga sedemikian rupa sehingga (dibaca dengan logat pejabat sedang pidato) selalu ON THE TRACK sebagai manusia. Dalam hal apa saja kah? Tentunya dalam semua hal dihidupnya. Manusia punya lebih dari satu peran sepanjang hidupnya. Peran sbg anak, peran sebagai teman, peran sebagai saudara, peran sebagai orangtua dan peran-peran lainnya. Apakah kita perlu profesional saat berperan jadi orangtua? Profesional saat menjadi anak? Profesional sebagai teman?  Absolutely! Ya🙂. Segala kebaikannya insyaAllah akan kembali kepada manusia yang profesional. …

Kesimpulannya: Jadi manusia yang profesional lah. …..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s