Bolu Kemojo

Jika ditanya :  apa makanan khas dari daerah Riau ? salah satu jawabannya adalah Bolu Kemboja  – oleh orang melayu biasa disebut bolu Kemojo. Bolu tradisional, mulai dari bahan-bahan pembuatnya sampai dengan proses memasaknya, tapi dijamin rasa bolunya sangat enak. Bahan yang diperlukan tidak susah, cukup perlu menyiapkan :

– 7 butir telur

– 1/2 kg terigu

– 2 liter santan kental

– 1/2 kg gula pasir

– daun pandan untuk pewarna hijaunya

– sedikit mentega (dicairkan)

Cara membuatnya : paling gampang lagi …. cukup aduk semuanya didalam satu tempat, mulai dari tepung + telur+ santan+pewarna + mentega cair. Selesai …🙂 Setelah semua tercampur rata, dituang ke dalam cetakan dan siap untuk dipanggang. (Dengan resep diatas, bisa didapat 7 bolu kemboja)

proses pembuatan

proses pembuatan

Cara memasaknya :pada bagian ini sedikit rumit. Berhubung kue tradisional, jadi idealnya masaknya  dipanggang menggunakan arang dibagian atas cetakan dan bawah, tapi … berhubung lama karena harus satu-satu , jadi untuk short cut memasaknya,  bisa juga dengan memanggangnya di oven, atau mau ditaruh diatas kompor , terserah piliha yang mana, yang jelas kue nya bisa dimasak (tapi sepertinya akan mempengaruhi rasa kue itu juga)  . Setelah matang, keluarkan dari cetakan (biasanya bisa langsung terlepas dari cetakan ) dan biasanya, ditaruh diatas daun pisang dulu – sebelum dipotong-potong dan dipindakan ke piring.

Ini hasilnya …

bolu kemboja

Jika yang kebetulan membaca ini juga adalah orang melayu, selamat mencoba membuatnya – hitung-hitung melestarikan makanan khas daerah sendiri . Dan bagi yang bukan orang melayu, sangat direkomendasikan untuk bisa  mencicipinya. Caranya gampang – cari aja teman yang kebetulan orang melayu dan pulang ke Riau, saat kembali minta dibawakan oleh-oleh Bolu Kemboja (asal bukan saya aja🙂 )

Special thanks untuk Tek Ina, Gita, dan Mila, kapan-kapan kita bikin lagi y:)

9 thoughts on “Bolu Kemojo

  1. Sudah setahun ini, kami memproduksi bolu kemojo di Jakarta. Beberapa bazar kami ikut, antara lain di RSPAD. Di Bandung, bulan lalu kami ikut pameran di Manggala Siliwangi. Bukan cuma rasa pandan yang kami buat. Ada 9 rasa: Pandan, Durian, Keju, Nangka, Strawberry, Pisang, Nanas, Coklat dan Kacang.

  2. Pingback: Ini Semuenye Tentang Melayu « What I Feel-Think-Do

  3. kl plg ke pku pasti gak lupa beli kue ksukaanku ini,buat oleh2 jg n txs resepnya kepengen coba buat ntar kl kangen kemojo gak prlu pulang kampung hehehehehehe tp kl lempuk n kue bangket sering dikirim mak hehehehehehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s