SOA [Service Oriented Architecture] – part 1

Saya punya kenangan yang mendalam dengan materi ini, oleh karena itu ingin diabadikan disini. Semoga bermanfaat – khususnya yang baru mau mencari tau apa itu SOA [karena yang nulisnya juga masih “amatiran” dengan SOA – silahkan langsung dikoreksi jika dalam tulisan ini dinilai ada yang salah, agar tidak sesat dan menyesatkan ]

Biasanya, untuk memahami sesuatu – bisa berangkat dari pertanyaan what- who-where -why-when- how? . Jika kelima pertanyaan dasar tadi bisa dijawab, dijamin kita sudah punya pengetahuan tentang susuatu itu . Maka untuk SOA sendiri dapat dikembangkan pertanyaannya kira-kira menjadi :

  1. Apa itu SOA? dan apa hubungan SOA dengan web service ?
  2. Mengapa harus menggunakan SOA?
  3. Siapa yang menggunakan SOA, dan siapa saja yang bisa mengembangkan SOA ?
  4. Kapan SOA harus digunakan ?
  5. Dimana SOA secara tepat digunakan ?
  6. Bagaimana cara mengembangkan SOA, bagaimana cara menggunakannya ?

Banyak pertanyaan lain yang bisa dikembangakan, tidak terbatas seperti yang diatas saja – silahkan disesuaikan dengan kebutuhan yang ingin diketahui tentang SOA sampai sejauh mana. Pertanyaannya bisa semakin rumit lagi jika SOA dikaitkan dengan yang lain seperti : SOA vs I.T.I.L atau SOA vs lainnya.

1. Apa itu SOA ?

Sesuai dengan namanya, Service Oriented Architecture , secara sederhananya merupakan suatu arsitektur, platform yang digunakan untuk pengembangan suatu sistem yang terdiri dari sekumpulan layanan (a collection of services)

Contoh : dalam keseharian, kita bisa membayar tagihan listrik,Β  tagihan telepon, pembelian tiket pesawat, KA, transfer uang, beli pulsa dan bayar/beli untuk keperluan lainnya melaluiΒ  kartu ATM. Sangat memudahkan. Keseluruhan layanan tersebut salah satu nya dikembangkan dengan SOA ( jadi berterimakasih lah pada yang merumuskan konsep SOA ini, karena salah satu keuntungannya membuat hidup kita jadi lebih mudah)

Penjelasan untuk point selanjutnya dibahas pada part 2-3-4 dst . To be continue …………. [ karena sudah mengantuk]

Referensi (penulisan tidak sesuai dengan catatan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar) :

Thomas Eri : Service-Oriented Architecture : Concepts, Technology and Design. Prentice Hall

9 thoughts on “SOA [Service Oriented Architecture] – part 1

  1. xixixixixi .. yes …ada yang jadi korban tulisanku … πŸ™‚
    Ngantuk banget Med ..jadi dipaksa bikin bersambung aja. Tapi , di part 2 nya kutulis lengkap sampai beres …

  2. hehe … kalau aku motivasi ngerjainnya masih supaya nilai SOA ku keluar Med .. Terserahlah harganya itu mau berapa .. yang penting aku bisa lulus !!! πŸ™‚

    • hehehhe

      Sabar mas… ntar bakalan saya tambahin kog penjelasan2 nya πŸ™‚ , kalau udah lega dikit waktunya πŸ˜€
      di cek ulang aja beberapa minggu lagi * InsyaAllah

Leave a comment